Bagian 2: Tips Hadapi Hari Pertama Kerja Tanpa Ragu

Indonesia Satu Manajemen,
12 Mei 2022 - 2:27

Gugup rasanya menjelang hari pertama masuk kerja di perusahaan baru. Kekhawatiran seringkali datang dan pertanyaan bermunculan, mulai dari bagaimana tugasnya, apakah rekan dan atasan baik, hingga seperti apa lingkungan kerja nanti. Untuk mengatasi itu semua, berikut lanjutan dari ulasan sebelumnya tentang tips menaklukkan hari pertama kerja!

  • Hindari membandingkan

Percaya diri boleh saja. Memang sepatutnya menunjukkan sikap bagaimana bisa berkontribusi. Namun demikian, terkadang sikap membandingkan dengan perusahaan lama tidak pantas dilakukan. Lantas muncul kalimat yang tidak sepatutnya dilontarkan, seperti:

“Aku biasa melakukan ini di perusahaan dulu”
“Ketika aku bekerja di perusahaan X, kami menerapkan proses sangat efektif ini”
“Kami melakukan ini di perusahaan yang lain, kenapa kalian tidak?”

Ketahuilah bahwa kini Anda tengah bekerja di perusahaan baru. Tentu keduanya memiliki aturan, kebijakan bahkan bidang yang berbeda. Boleh saja menerapkan pengalaman terdahulu, namun demikian sesuaikan dengan apa yang diterapkan oleh lingkungan kini.

  • Ajukan pertanyaan dan cari klarifikasi

Mengajukan pertanyaan atas sesuatu yang belum dimengerti sah-sah saja. Justru membantu mengklarifikasi serta menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh dan telah melakukan penelitian. Berusaha memahami lingkungan dan orang-orang di dalamnya memudahkan dalam bekerja secara efektif.

  • Tetapkan harapan untuk membangun citra pribadi

Memulai pekerjaan baru adalah waktu tepat untuk menetapkan harapan yang jelas. Maka penting menetapkannya dan memastikan bahwa nilai-nilai sendiri selaras dengan tindakan kerja. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu memikirkan hal tersebut:

Jenis harapan apa yang perlu ditetapkan agar bisa berhasil di masa mendatang?
Mengapa menetapkan harapan ini?
Apakah harapan tersebut masuk akal?
Lantas, apa dampaknya bagi kehidupan karir?

 

Mempersiapkan diri sebelum masuk kerja hari pertama membantu dalam membangun kepercayaan diri. Melalui lingkungan baru, semua impian kembali terukir!  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp